Apa yang menghalangi kita untuk meraih perubahan besar? Betul, “tidak adanya tindakan untuk berubah.” Jika Anda ingin berubah, maka Anda harus mengambil tindakan yang bisa mengubah diri Anda. Tindakan yang pertama ialah belajar. Belajar adalah satu-satunya cara untuk meningkatkan kualitas diri Anda. Belajarlah yang membuat Anda berubah, dari tidak bisa menjadi bisa ibaratnya belajar mengendarai mobil. Tindakan kedua adalah tindakan utama, yaitu tindakan untuk meraih apa yang ingin Anda lakukan atau miliki. Kini saatnya Anda mengendarai mobil menuju tujuan.

“Saya sudah tahu…. jika memang ingin berubah harus bertindak.” Lalu kenapa belum bertindak juga? Banyak hal yang membuat kita tidak mau bertindak, salah satunya ialah tidak percaya diri. Merasa diri tidak akan mampu, tidak akan bisa, tidak akan cukup baik, akan gagal, dan akan mengecewakan. Kadang muncul imajinasi akan kegagalan kita dimasa depan sehingga membuat kita tidak jadi bertindak. Akhirnya muncul berbagai pembenaran dan alasan. “Saya sudah puas dengan kondisi saat ini.” “Saya tidak mau yang muluk-muluk.” dan berbagai alasan serta pembenaran lainnya.

Jika sikap ini terus kita pelihara, kita tidak akan pernah mengalami perubahan besar dalam hidup Anda. Untuk mengalami perubahan besar Anda perlu bertindak dan hanya orang yang percaya diri yang bisa bertindak. Anda tidak bisa mengatakan bahwa Anda sudah percaya diri. Percaya diri bisa dibuktikan, dan buktinya ialah apa yang Anda capai dan miliki saat ini. Itu adalah ukuran kepercayaan diri Anda.

Jadi, jika Anda ingin menuju perubahan besar. Ingin mendapatkan lebih banyak. Ingin mencapai tujuan-tujuan besar Anda, maka tingkatkan kepercayaan diri Anda. Kepercayaan diri Anda meningkat, maka tindakan Anda akan meningkat pula dari segi kualitas dan kuantitas. Jika tindakan meningkat, maka wajarlah jika hasilnya meningkat pula. Jangan mimpi memiliki penghasilan yang meningkat tanpa meningkatkan tindakan Anda. Dan jangan mimpi akan meningkat tindakan Anda jika masih dibatasi oleh rendah diri Anda.